Rasululloh Dengan Para Tetangga

MediaMuslim.Info – Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam sangat memuliakan para tetangga. Tetangga memiliki kedudukan yang agung dalam kehidupan beliau. Beliau pernah berkata, yang artinya: “Malaikat Jibril alaihissalam senatiasa mewasiatkan agar aku berbuat baik kepada tetangga, sehingga aku mengira ia (Jibril) akan memberikan hak waris (bagi mereka).” (HR: Al-Bukhari dan Muslim)

Beliau mewasiatkan Abu Dzar radhiallaahu anhu, yang artinya:  “Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak makanan, perbanyaklah kuahnya, janganlah engkau lupa membagikannya kepada tetanggamu.” (HR: Muslim)

Beliau juga memperingatkan dari bahaya mengganggu tetangga. Beliau bersabda, yang artinya: “Tidak akan masuk Surga orang yang tidak merasa aman tetangganya dari kejahatannya.” (HR: Muslim)

Oleh sebab itu, hendaklah kita senantiasa berlaku baik kepada para tetangga. Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat, hendaklah ia berlaku baik kepada tetangganya.” (HR: Muslim)

(Sumber Rujukan: Sehari Di Kediaman Rasululloh Shallallahu’alaihi Wasallam, Asy-Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim)

4 Komentar

  1. Tias said,

    Februari 14, 2008 pada 2:31 pm

    Ass
    ane punya masalah dengan tetangga yang suka menggangu ana dengan hasutan dan menjelek-jelekkan kita hingga ana sampe marah dan mengancam mereka, ada yang bisa bantu ane?
    karena ana masih bingung di satu sisi kita mesti baikdgn tetangga tapi mereka menzhalimi kita dengan perkataan dan perbuatannya

    Wasss

  2. niken said,

    Juli 22, 2008 pada 12:56 pm

    kalau Tias merasa terganggu, itu wajar saja. tapi kalo terus membalas dengan kemarahan dan ancaman, itu namanya kurang kerjaan.
    untuk menghindari diri dari konflik berkepanjangan yang gak penting, mending cari pekerjaan yang mensejahterakan diri sendiri, sibukkan diri dengan kegiatan positif lain (usahakan di luar rumah en di luar lingkungan), lama-lama tar capek sendiri.

  3. April 12, 2009 pada 4:57 pm

    arti dan konsep tetangga itu gmn sih sebebarya..?

  4. Rifki Adam said,

    Agustus 1, 2010 pada 3:42 pm

    Tyas yang di rahmati Allah…
    Menghindar bukanlah suatu pemecahan masalah. Eeee siapa tahu di lingkungan tempat lain kita menghadapai masalah yang sama, masak kita akan menghindar juga sech…! Menghindar dan menghindar bukanlah suatu solusi. Dijelek-jelekan tetangga berarti itu ujian bagi keimanan dan Akhlak Tyas. Jangan marah dech, dan tetaplah bersabar dan senantiasa selalu berbuat baik dengan Tetangga tersebut. Karena Kebaikan itu akan menghapus semua keburukan yang ada. Jangan contoh perilaku buruk mereka yang buruk tetapi ambil semua kebaikan yang mereka miliki.
    Yang penting kita tanamkan dalam diri kita adalah Nasehat yang paling jujur itu adalah yang berasal dari musuh kita. Sekali lagi…, hadapi saja dan balas dengan kebaikan-kebaikan yang Tyas miliki. Emosi bukanlah solusi yang baik walaupun itu memang sangatlajh berat, Atau kunjungi aja blog saya di http://www.saudaraterdekat.blogspot.com…Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: