Hawa Nafsu dan Cara Pengendaliannya

MediaMuslim.InfoNafsu adalah kecondongan jiwa kepada perkara-perkara yang selaras dengan kehendaknya. Kecondongan ini secara fitrah telah diciptakan pada diri manusia demi kelangsungan hidup mereka. Sebab bila tak ada selera terhadap makanan, minuman dan kebutuhan biologis lainnya niscaya tidak akan tergerak untuk makan, minum dan memenuhi kebutuhan biologis tersebut.Nafsu mendorongnya kepada hal-hal yang dikehendakinya tersebut. Sebagaimana rasa emosional mencegahnya dari hal-hal yang menyakitinya.

Maka dari itu tidak boleh mencela nafsu secara mutlak dan tidak boleh pula memujinya secara mutlak. Namun karena kebiasaan orang yang mengikuti hawa nafsu, syahwat dan emosinya tidak dapat berhenti sampai pada batas yang bermanfaat saja maka dari itulah hawa nafsu, syahwat dan emosi dicela, karena besarnya mudharat yang ditimbulkannya.

Sehubungan manusia selalu diuji dengan hawa nafsu, tidak seperti hewan dan setiap saat ia mengalami berbagai macam gejolak, maka ia harus memiliki dua peredam, yaitu akal sehat dan agama. Maka diperintahkan untuk mengangkat seluruh hawa nafsu kepada agama dan akal sehat. Dan hendaknya ia selalu mematuhi keputusan kedua peredam tersebut.

Lalu bagaimana solusi bagi orang yang sudah terjerat dari hawa nafsu agar terlepas dari jeratannya? Ia bisa terlepas dari jeratan hawa nafsu dengan pertolongan Allah dan taufik-Nya melalui terapi berikut :

  • Tekad membara yang membakar kecemburuannya terhadap dirinya.

  • Seteguk kesabaran untuk memotivasi dirinya agar bersabar atas kepahitan yang dirasakan saat mengekang hawa nafsu.
    kekuatan jiwa untuk menumbuhkan keberaniaannya meminum seteguk kesabaran tersebut. Karena hakikat keberanian tersebut adalah sabar barang sesaat! sebaik-baik bekal dalam hidup seseorang hamba adalah sabar!.

  • Selalu memeperhatikan hasil yang baik dan kesembuhan yang didapat dari seteguk kesabaran.

  • Selalu mengingat pahitnya kepedihan yang dirasakan daripada kelezatan menuruti kehendak hawa nafsu.
    Kedudukan dan martabatnya di sisi Allah dan di hati para hamba-Nya lebih baik dan berguna daripada kelezatan mengikuti tuntutan hawa nafsu.

  • Hendaklah lebih mengutamakan manis dan lezatnya menjaga kesucian diri dan kemuliaanya daripada kelezatan kemaksiatan.

  • Hendaklah bergembira dapat mengalahkan musuhnya, membuat musuhnya merana dengan membawa kemarahan, kedukaan dan kesedihan! Karena gagal meraih apa yang diinginkannya. Allah azza wa jalla suka kepada hamba yang dapat memperdaya musuhnya dan membuatnya marah (kesal). Allah berfirman : Dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan demikian itu suatu amal shaleh. (At-Taubah:120). Dan salah satu tanda cinta yang benar adalah membuat kemarahan musuh kekasih yang dicintainya dan menaklukannya (musuh kekasih tersebut).

  • Senantiasa berpikir bahwa ia diciptakan bukan untuk memperturutkan hawa nafsu namun ia diciptakan untuk sebuah perkara yang besar, yaitu beribadah kepada Allah pencipta dirinya. Perkara tersebut tidak dapat diraihnya kecuali dengan menyelisihi hawa nafsu.

Janganlah sampai hewan ternak lebih baik keadaannya daripada dirimu! Sebab dengan tabiat yang dimilikinya, hewan tahu mana yang berguna dan mana yang berbahaya bagi dirinya. Hewan ternak lebih mendahulukan hal-hal yang berguna daripada hal-hal yang membahayakan. Manusia telah diberi akal untuk membedakannya, jika ia tidak mampu membedakan mana yang baik dan mana yang berbahaya atau mengetahui tetapi lebih mendahulukan yang membahayakan dirinya maka jelas hewan ternak lebih baik dari pada dirinya.

(Dikutip dengan perubahan seperlunya dari Asbaabut Takhallush minal Hawaa oleh Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

146 Komentar

  1. moh.shalhan said,

    April 2, 2007 pada 9:58 am

    “sesungguhnya sebaik-baik cara untuk mengekang hawa nafsu adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah melalui cara2 yang tertentu seperti yang telah rosul contohkan kepada kita”

    • hafiz said,

      September 27, 2009 pada 2:29 pm

      ya kaya gimana cara2 tertentu dan yang diocntohkan rasul tolong jawab dan jelaskan secara terperinci terima kasih w.s

      • hafiz said,

        September 27, 2009 pada 2:36 pm

        cinta itu emas,emas itu kuning,kuning itu tai jadi jngan mau di perbudak oleh yang namanya cinta yang akan membawa peyesalan kelak karena dgan cinta itu membuat manusia di perbudak hawa nafsunya……w.s

    • athos said,

      September 30, 2011 pada 1:28 pm

      boleh tau bagai mana cara rasul meng hilangkan hawa nafsunya

  2. Agung said,

    Mei 2, 2007 pada 4:25 pm

    Solusi integral & realisasi pada akhlak islam dalam tantangan modernisasi.

  3. Agung said,

    Mei 2, 2007 pada 4:27 pm

    Solusi integral & realisasi dalam akhlak islam ?

  4. AJ said,

    Juli 9, 2007 pada 10:39 am

    “hadapilah kehidupan dengan tenang sesungguhnya Allah tetap bersama orang-orang yang beriman”.

  5. Handaka said,

    September 14, 2007 pada 1:22 am

    semakin dilarang maka semakin menjadi.
    nah, agar tidak terjadi…
    pertama-tama bangun niat yang kuat untuk berubah. Bukan dengan paksaan, namun dengan pengetahuan “kenapa hal ini harus dihilangkan”. Hal ini merupakan dasar perilaku manusia tanpa pemahaman (ilmu) tersebut mustahil manusia dapat menjalankan perilakunya.
    trus, hindari jalan-jalan yang membawa pada kesempatan tuk bebuat demikian, pasti deh gak kepikiran.
    Nah satu hal yg sulit adalah cari inti masalahnya, kenapa kamu menginginkan itu? baru kamu tahu mana yang harus dirubah. kalo hanya merubah pinggirannya aja, maka seperti orang mengobati types dengan obat anti panas (karena gejala yg nampak panasnya, kan).
    Yakinlah Allah Menolong Orang-orang yang menolong agamanya….

  6. abu ariqah said,

    September 18, 2007 pada 4:57 pm

    Dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan demikian itu suatu amal shaleh. (At-Taubah:120).

    Hmmm….mungkinkah tempat itu disebut diskotik? tentu bukan…tempat itu adalah tempat darah tertumpah, medan jihad dan perang fii sabilillah, buku-buku yang membangkitkan amarah musuh Allah, termasuk blog-blog yang membuat tidak nyaman pengikut-pengikut shaithaan…wallaahu a’lam…blog yang menarik, jazakumullah khairan jazaa..

  7. itak said,

    September 20, 2007 pada 12:37 pm

    kalau saya sih….gampang…..
    cintailah cinta..

  8. Ima said,

    Oktober 4, 2007 pada 3:40 pm

    Ya…semua tergantung iman pada diri kita koq. Kalo di dasari keimanan yang kuat dan takut akan siksa Alloh, Insyaalloh kita selalu dilindungiNya dari Nafsu syahwat yang menyesatkan. But it’s not easy….karena setan juga seneng liat kita terjerat oleh rayuannya. Pasrahin aja ma Alloh kalo emang susah ngendaliin hawa nafsu, toh segala sesuatu yang tercipta dari Alloh akan kembali pada Alloh juga kan????

  9. fatchurrachman said,

    Februari 12, 2008 pada 9:43 pm

    bagaimana kita bisa mengolah jiwa kita karena dalam jiwa terdapat jiwa nabati,hewani,insani jd bagaimana kita menjauhkan jiwa hewani yang ad pd diri kita menuju anafs annatiqah yg sempurna….tuk mjd anafs almutmainnah…hai jiwa yang tenang kembalilah kpd tuhanmu dg rido dan diridoi,dan masuklah kedalam golongan hamba hambaku dan masuklah kdalam surgaku…….”:dalam jiwa terdapat dua potensi keburukan dan ketakwaan:”

  10. Maret 18, 2008 pada 7:53 am

    [...] Religi Hawa Nafsu dan Cara Pengendaliannya [...]

  11. Tebo said,

    Maret 29, 2008 pada 2:12 pm

    menurut saya,akhlak itu merupakan suatu pemikiran yang mengarah kepada islam yang berguna sebagai bekal kita untuk mencari ap itu arti hidup. Sangat tidak mungkin kita hidup di dunia ini tanpa ada tujuan,.Bila akhlak kita dipengaruhi hawa nafsu maka mungkin dapat menanamkan sifat yang tercela,yaitu tunduk trhdp hawa nafsu.

  12. eric said,

    Mei 5, 2008 pada 6:05 pm

    sangat bagus bagi yang butuh bimbingan,

  13. orang yang butuh ilmu agama said,

    Mei 18, 2008 pada 6:44 pm

    islam mengajarkan kepada sesamanya untuk saling menolong.. maka dari itu, kiranya saudara ku dapat mengirimkan e_mail yang baik dan bermanfaat kepada saya untuk tetap berada di jalan ALLAH SWT. terima kasih sebelumnya

  14. NN said,

    Mei 30, 2008 pada 8:37 am

    NAFSU..kesenangan sesaat penyesalan/kepedihan hati yang tersisa..Kapan smuanya akan brakhir,Setan menang !!!

  15. NN juga said,

    Juli 14, 2008 pada 9:18 am

    Teori gampang..prakteknya…uuugggrrrhhhh

  16. arif said,

    Oktober 9, 2008 pada 12:17 pm

    nafsu adalah fitrah,tapi nafsu yang diridhoi alloa itu yang baik.maka kita harus lebih dekat pada alloh jikalau ingin mendapat ridhoNya.karena memperturutkan hawa nafsu adalah kesenangan sesaat,…kuncinya dengan iman dan sabar .SELAMAT BERJUANG!!!!!!

  17. Nazi said,

    Oktober 21, 2008 pada 3:51 pm

    siapa yang bisa menahan hawa nafsu dialah pemenangnya…coba deeh

  18. zaki said,

    November 3, 2008 pada 9:33 pm

    emang betul apa yang disampaikan diatas,,,
    saya mau nanya… ada dak do’a yang khusus (bisa) dibaca disaat datangnya nafsu itu, baik itu nafsu sahwat, emosi, nafsu ingin menguasai, atau semua hal-hal yang berbau jelek yang berhubungan dengan pengendalian nafsu dan emosi itu….

  19. fahmi said,

    Desember 3, 2008 pada 11:31 am

    nafsu…atribut kita sebagai manusia, ia mutlak adanya.
    kadar iman bisa dilihat dari sejauh mana dia mengendalikan nafsunya, bukan dari banyaknya dia beribadah. yakinkan pada diri kita bahwa Allah maha melihat setiap waktu dan kejadian yang kita lalui..insyallah akan mencegah kita dari bermaksiat. ibnu qoyyim aljauzi mengatakan ” boleh jadi org yang mampu mengekang hawa nafsu tapi lbh sedikit amal ibadah lebih berhak masuk surga dari pada orang yang byk beribadah namun banyak pula maksiatnya”..dia juga berkata..mengendalikan hawa nafsu lebih mudah dari pada meliarkannya..
    jd, latihlah mengekang hawa nafsu..kita akan merasakan betapa manisnya iman.
    wallahu’alam.

  20. handr said,

    Januari 10, 2009 pada 4:10 pm

    “orang yng paling kuat adalah orang yang bisa menahan hawa nafsu”
    “jangan sampai kita jadi budak nafsu”
    “nafsu adalah jamuan termanis dari syetan so waspadalah n jangan berani-berani mendekati”

  21. paryadi said,

    Januari 24, 2009 pada 5:49 am

    untuk melawan hawa nafsu kita harus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada allah swt.

  22. Cha said,

    April 6, 2009 pada 3:06 pm

    saya sedikit mengutip firman Allah SWT, yang kurang lebihnya berbunyi seperti ini “Jika kita tidak mampu menahan nafsu/syahwat, maka berpuasalah” Alhamdulillah sdikit-banyak komentar teman2 skalian, memberi kekuatan yang luar biasa kpd saya… smoga slalu menjadi hamba yang disayang oleh NYA yang Maha Penyayang… Amien…

  23. Abdusshomad said,

    Mei 9, 2009 pada 11:39 am

    Saya masih merasa banyak sekali kekurangan, dosa, kekhilafan, maka saya masih perlu belajar dengan yang lebih tinggi dan bisa dikatakan lebih keras dalam berjuang mengangkat Agama Allah SWT.

    Allahu Akbar
    Allahu Akbar
    Allahu Akbar

  24. iyan said,

    Mei 30, 2009 pada 1:23 pm

    Hawa nafsu adalah musuh utama manusia, jadi kita harus memeranginya. Tyusss,,,gimana qt memeranginya jk qt tidak mempunyai iman yang kuat,,,?kta temenku qt harus membelokkan nafsu itu kearah yang positif,,,misalnya apa dunk? nahh ntu yang harus kita cari tau lagi,,,,hehe

  25. umat mu said,

    Juni 9, 2009 pada 4:42 pm

    ya solat..dan puasa

  26. kank_ripay said,

    Juni 21, 2009 pada 10:54 pm

    walah.. makasih..

  27. cloud said,

    Juni 27, 2009 pada 1:45 pm

    d

  28. umatMu said,

    Juli 9, 2009 pada 7:27 pm

    hanya kepadaMu ya Alloh Aku serahkan hidup dan Matiku…sesungguhnya engkau Maha mengetahui segala persoalan dibumi dan di akhirat..

  29. umatMu said,

    Juli 9, 2009 pada 7:37 pm

    kesabaran dan keikhlasan hati adalah jawaban dari segala persoalan…tidak ada manusia yang bodoh didunia ini hanya manusia malas yang banyak didunia ini.!!!!!

  30. zafirah said,

    Juli 13, 2009 pada 2:07 pm

    ya Allah,jgn lah Engkau mbiarkan kami idup dalam kjahilan dan bertuankan hawa nafsu…amin

  31. abas said,

    Juli 14, 2009 pada 7:46 pm

    bismillahirrohmanirohim moga Allah memberikan kekuatan dalam memerangi diri sendiri…dan tetap istiqomah untuk memeranginya

  32. ayu said,

    Juli 18, 2009 pada 6:50 pm

    susah klu nahan hawa nafsu jaman skrg, soalnya tergantung juga dari keadaan… klu bnyak godaan ya agak susah….
    tapi klu orang orang yang hidupnya gak bnyk godaan ya,,, gampang2 aja nahan hw nafsu…..
    bwt q seberapa bnyk godaan itu ada, n seberapa mampu qta ngatasinnya itu yang lebih baik…
    qta g bisa terus menutup diri dari dunia luar yang emang penuh godaan….

    • Ahmad Asep said,

      Oktober 6, 2011 pada 6:20 am

      ya mudah”an qt senantiasa diberikan kesabaran oleh Allah SWT. dalam meninggalkan kemaksiatan.

  33. Vitrho said,

    Juli 20, 2009 pada 11:09 am

    Syukron katsiiroo atas sharing tips-tipsnya buat mwngontrol hawa nafsu…

    Kalo boleh ana menambahkan, dari sebuah hadist rasul ini kita juga bisa mendapatkan tips untuk mengontrol hawa nafsu, especially buat kita-kita para pemuda yang selalu dibombardir oleh tayangan-tayangan yang mengundang syahwat…
    “Wahai para pemuda, barang siapa diantara kalian telah mampu menikah, maka menikahlah karena menikah itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Maka siapa saja yang belum mampu, baginya BERPUASA, karena puasa itu adalah perisai” (HR Bukhari, Muslim)

  34. September 6, 2009 pada 6:30 pm

    jazakallahu khairan katsiran

  35. erong said,

    September 25, 2009 pada 9:14 am

    bagaimana cara menghilangkan nafsu dalam diri manusia ??

  36. toe_hyoun said,

    November 6, 2009 pada 9:57 am

    Sesungguhnya hamba ingin kembali kejalanmu yang benar,…hamba cinta padamu ya Allah.

  37. ali m.b. said,

    November 12, 2009 pada 2:02 pm

    matursuwun atas ilmunya

  38. Labib said,

    November 28, 2009 pada 8:40 pm

    Teman tolonglah aku,aku selalu terjerat dalam nafsu syahwat,niatku untuk melwan nafsu ini selalu gagal,ini berdampak bgt bwt ibdah sya kpda Allah,dan bwt msa dpn. Ya Allah aku takut.

    • agus said,

      Agustus 26, 2012 pada 1:08 pm

      berpuasalah… dimulai dari berpuasa senin & kamis. Niatkan untuk kebaikan dan memoperbaiki diri. Insya Alloh bisa meredam napsu kita yg tidak baik termasuk nafsu syahwat. Dan jalankanlah sholat secara tepat waktu. Semoga bermanfaat.

  39. ryan said,

    November 29, 2009 pada 9:42 am

    aku hanya manusia bukan malaikat, seorang kyai pun atau para ulama hanya omong kosong dapat menahan hawa nafsu mereka sendiri, lalu bagaimana dengan kita????

    • vina said,

      Desember 20, 2009 pada 10:25 am

      bukanna omong kosong, smua tergantung niat dr hati qt masing2….
      HasbiAllah wani’mal wakil…cukup Allah sbg penolong qt….
      smg masing2 hanya diberi nafsu yg memang dirahmati oleh-Nya…
      amien ya Allah….

  40. Ade Sodikin said,

    Desember 17, 2009 pada 9:43 pm

    teman sy minta nasihat dunk yang mudah untuk dapay mengekang hawa nafsu saya… Ya Allah berilah pertolongan kepada saya

  41. hamba sahaya said,

    Desember 22, 2009 pada 3:03 pm

    Hati bagaikan mutiara yang berkilau jika terus dijaga dari lumpur-lumpur dosa. tapi menjaga jauh lebih sulit dari pada memersihkannya….Hati juga perlu makanan yaitu ilmu-ilmu agama untuk menguatkan keimanan, jika tidak hati akan rapuh dan mudah sekali terkalahkan oleh nafsu syetan….
    Sungguh saya pernah alami sangat sulit seorang yang sudah terjerumus dalam lembah nafsu untuk kembali ke jalan yang lurus….
    mudah-mudahan Allah selalu melindungi hati orang-orang yang mau keluar dari jerat-jerat nafsu itu….

  42. NUGROHO said,

    Januari 6, 2010 pada 11:56 am

    yaa Allah jauhilah saya dari hawa nafsu

  43. duma said,

    Maret 7, 2010 pada 9:31 pm

    setan bersabar mengoda manusia N mamusia bersabar dari godaan setan tapu siapa yang paling sabar menjadi pemenangnya

  44. Mr. Ucop's said,

    April 10, 2010 pada 9:01 am

    Ya Alloh ampunilah dosa2q, qtakut m siksamu ya Alloh
    Berila hambamu ini petunjuk agar menjadi orang yang lebih baik,,,,,,

  45. dhin speedy said,

    April 17, 2010 pada 11:02 pm

    safety first your heart

  46. farh said,

    April 22, 2010 pada 12:10 pm

    ya alloh ampunilah segala kesalahan hamba,,insya4jj dngn menambah iman dan ketakwaanqu hamba dapat menjauhinya..aminnn

  47. Achil said,

    April 25, 2010 pada 9:10 pm

    Semoga dengan petunjuk diatas bisa mengubah hawa nafsu buruk saya,Amin Insya Allah.

  48. suci raffa said,

    Mei 20, 2010 pada 11:33 am

    memeng betul tulisan di atas, tapi yang paling sulit menjaga hawa napsu syahwat ..!

  49. Al Handi said,

    Juni 24, 2010 pada 6:13 pm

    Yaa alloh maafkan lah hambamu ini yg penuh akan dosa, yang selalu salah membedakan mana yg baik bagi dirinya atau yg buruk bagi drinya.Hawa nafsu selalu menjadi masalah apabila disaat pada kesendirian yg mencekam dan hanya dtemani oleh pkerjaan.

  50. Suprapto said,

    Juni 25, 2010 pada 1:06 pm

    tapi masih aja ada rasa ini untuk melakukan

  51. UUS SUGANDA said,

    Juni 28, 2010 pada 12:25 pm

    NAFSU ITU KEMBALI PADA HATI DAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL SERTA SEHEBAT APA KAMU MAMPU MNGALAHKAN NAFSU ITU
    IMAN DAN HATI YG BERSIH INSYA ALLAH KITA BS MNGENDALIKANNYA

  52. UUS SUGANDA said,

    Juni 28, 2010 pada 12:29 pm

    ada nafsu yg positif dn ada yg negatif tergantung mana yg lebih dominan pada diri kamu
    tapi setan akan menangis kalau kita bs mngalahkan nafsu
    TEMAN2 AYO KITA PERANGI HAWA NAFSU JAHAT YG ADA PD DIRI KITA
    ALLAHU AKBAR…

  53. Nila said,

    Juli 7, 2010 pada 8:38 pm

    Sbnrny ktk qt tdk mngisi wkt luang dg kbaikan,dsanalah masuk syetan utk mnyibukkan diri qt dg kburukan. Makanya,dg bkumpul dlm halaqoh2,majelis dzikir,seminar2,hal itu tdk akn mberikan pluang bbuat kburukan (nafsu,syahwat,dll)

  54. Ari said,

    Juli 11, 2010 pada 9:28 am

    Bagaimana langkah konkrit yang bisa kita lakukan mulai dari sekarang untuk mengontrol hawa nafsu kita ?

  55. inunglee said,

    Juli 16, 2010 pada 6:21 pm

    betul…..betul…betul……!!!

  56. inunglee said,

    Juli 16, 2010 pada 6:27 pm

    intinya,kendali diri dan iman harus di perkokoh…..!!!
    ingatlah selalu akan azab Allah akan kesalahan yg kita perbuat….
    karena Allah maha melihat dan maha mengetahui sgala ciptaannya….
    klaupun berbuat salah,segeralah bertaubat,krn Allah maha pengampun….
    namun lestarikanlah cinta dalam nuansa iman kepada Allah….
    krn Allah menyayangi insan yg saling mencintai dan menghormati sesama,apa lagi satu akidah,……

  57. Yazid said,

    Agustus 11, 2010 pada 1:19 am

    Allahu Akbar!!!

  58. sukarno said,

    Agustus 24, 2010 pada 10:20 pm

    dunia adalah racun,sedangkan racun dunia adalah wanita,kata cangcuter,hehheheh

  59. sukarno said,

    Agustus 24, 2010 pada 10:21 pm

    mangkanya jangan cinta pada wanita,melebihi cinta kita pada alloh

  60. lida said,

    September 4, 2010 pada 1:45 pm

    melawan hawa nafsu lebih susah daripada melawan orang yang jelas terang2an,
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  61. bannie said,

    September 19, 2010 pada 11:45 am

    sya sudah byk bergnti-gnti pasangan/pacar yya maklum wjah sya byk d kagumi wanita mungkin gnteng pra wanita bilang …setiap sya pcaran selalu mlakukan hal2 maksiat ……tp saat ini sya ingin brubah dan tidak akan pacaran lg..tp langsung mnikah krena tkut timbul maksiat……….memang byk cobaan hwa nafsu untuk merubahnya …..akankan sya bisa melakukannya

    • nitha ramadhani said,

      Desember 29, 2010 pada 11:14 am

      law mank sungguh2 ingin berubah insya allah pazti biza

  62. Tasha monivia said,

    Oktober 13, 2010 pada 10:14 am

    Bgaimana jika sese0rng telah pernah terjerat hw nafsu,mungknkah ia bsa kmbli sepert sdia kala?dalam artian,dia benr2 brubh dan pandai mengndlikn hwa nafsu??thx..

  63. dimas ami said,

    Oktober 23, 2010 pada 11:02 am

    kadang aku menangis pd saat aku ga2l mlwn hawa nafsu

  64. Nurma gemini said,

    November 5, 2010 pada 11:23 am

    Assalamu’alaikum wr wb..
    Alhmdulilah sy tlah mendapatkan ilmu.mdh”an brmanfaat bg diri sy & org lain

  65. Dewi gemini said,

    November 5, 2010 pada 11:31 am

    Ass.Mudah”an sy dpt mengendalikan hawa nafsu yg gk baik.mdh”an nafsu utk kebaikan akan seLaLu di lakukan..
    Syukron.wass,.

  66. Dewi gemini said,

    November 5, 2010 pada 11:32 am

    Ass.Mudah”an sy dpt mengendalikan hawa nafsu yg gk baik.mdh”an hawa nafsu utk kebaikan akan seLaLu di lakukan..
    Syukron.wass,.

  67. November 6, 2010 pada 1:14 am

    Terimakih ustadz atas sarannya.
    Jazakumulloh…

  68. ndi ganteng said,

    November 6, 2010 pada 10:07 pm

    hawa itu wanita, nafsu itu niat yg timbul dr pikiran kita. so’ janganlah kita terjerat ole wanita yang terlalu banyak maunya.

  69. pHipHi said,

    November 16, 2010 pada 8:04 pm

    bener jUa iiiaaaa…….
    salut salut
    ok…

  70. fauzi said,

    Januari 8, 2011 pada 9:45 am

    terimkasih utk semuanya

  71. garis said,

    Januari 18, 2011 pada 12:51 am

    nafsu dan hawa itu ada yang baik ada yang buruk,tergantung sisimaana kita melakukan,so maka kendalikan nafsu yang merusak misal mo5, dan lakukan nafsu yang berguna,misal saat kita bekerja sehingga membuat kita kuat,atau mengembangkan keturunan,karena fitrah?apakah masih dipertanyakan?

  72. Januari 21, 2011 pada 7:56 am

    sesungguhnya hawa nafsu berkata pada manusia, “mengapa engkau pergunakanku dalam memuaskan dirimu dari hal negatif di dunia ini ??….
    Bukankah kepuasan, kenikmatan, dan kenyamanan akan engkau dapatkan di surga nanti apabila kau tidak memakaiku dalam perbuatan negatif ??”

  73. opan said,

    Januari 26, 2011 pada 8:44 am

    hawa nafsu juga bisa dari makanan yg kita makan apa itu halal dan haram.. mungkin sudah jelas kalau haram itu tapi disini saya akan menjelaskan makanan yg halalnya. orang yg sedikit makan dia akan terjaga dari nafsunya tapi lagi orang yg banyak makan maka dia diperbudak nafsu. jadi intinya jangan makan terlalu banyak apa lagi ngemil.

  74. Bimo said,

    Februari 25, 2011 pada 10:30 pm

    emang hawa nafsu itu kesenangan sesaat;
    & itu saya dah berulang kali kena trus , trus saya merenung & merenung utk
    menyeselesaikan hawa nafsu ,
    & sekarang saya bisa mengendalikan dgn prlahan2 dgn mengucap Bissmillah hirrohmannirrohim dgn hati yg IHKLAS kpd Allah yang maha esa..!!

  75. Ryan said,

    Februari 27, 2011 pada 4:55 pm

    iya he’em bener tuh kata bimo,
    hawa nafsu adalah kesenangan sesaat & yg bakal menyesal nanti nya
    jadi untuk menghilangkan hawa nafsu yaitu menekan hawa yang akan dilakukan kesenangan contoh : akal yg di pikiran muncul yg sangat ber-arti bginya & akan di pertanggung jawab kan secara sempurna tapi itu nggak bisa alias GAGAL trus menyesal , jadi utk menghilangkan hawa nafsu TAWAKAL pd ALLAH yme sgn hati yg iklhas …

  76. TES said,

    April 13, 2011 pada 7:57 am

    TES

  77. LAGI said,

    April 13, 2011 pada 7:58 am

    TES

  78. LAGI said,

    April 13, 2011 pada 7:59 am

    TES LAGI

  79. abdullah said,

    April 26, 2011 pada 2:27 pm

    qonaah
    takwa
    zuhud
    taubat
    muroqobah
    tholabul ilmi
    istiqomah

  80. UCUP MUAH said,

    Mei 19, 2011 pada 8:15 am

    nafsu itu setan

  81. DKPD said,

    Juni 5, 2011 pada 2:27 pm

    Aslkm, selamat siang…kunjungan siang hari saya disini dan terima kasih sudah memberikan pencerahan kepada para pembaca seperti saya.
    Saya mohon izin menjiplak awal artikel diatas dan semoga kita selalu mendapatkan rahmat dan hidayahnya Allah S.W.T menuju kedamaian dan kebahagiaan dalam hati…

    salam dkpd :-)

  82. Arif said,

    Juni 13, 2011 pada 2:43 pm

    QS 91:7. dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),
    QS 91:8. maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.
    QS 91:9. sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu
    QS 91:10. dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.

    QS 32:7. Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.
    QS 32:8. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.
    QS 32:9. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

    QS 7:179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai

  83. andrian said,

    Juni 27, 2011 pada 9:48 am

    mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang sabar..aminn..

  84. Ramadhani said,

    Juli 12, 2011 pada 10:01 am

    saya sedang berusaha/berjuang sekuat tenaga melawan hawa nafsu, doakan saya.. smoga mendapat hadiah dari Allah Swt atas apa yang saya usahakan.. Ammiieennn

  85. Idaw said,

    Juli 20, 2011 pada 10:40 pm

    Jika sudah terjerumus dalam kemaksiatan, segeralah bertaubat, Jika kita setiap saat sudah berusaha menghindari dan melawan hawa nafsu itu, sebenarnya kita sedikit-sedikit sudah bertaubat. Ibaratnya kita ingin mendaki sebuah gunung, memang terasa berat dan susah dijalani, tapi jikalau kita sedikit demi sedikit jalani dengan penuh kesabaran, maka kita akan sampai ke puncak gunung tersebut, artinya jika kita benar-benar sudah bisa menghindari dan melawannya, maka kita sudah bertaubat, nah … disitulah bertaubat yang sesungguhnya, minta ampunan Allah,… karena sudah banyak melakukan maksiat dimasa lalu.

    Dan bagi yang belum terjerumus kemaksiatan, jangan coba-coba untuk melakukan, karena jika sudah melukannya akan sulit untuk menghentikannya, sedangkan hati dan pikiran akan tersiksa terus menerus “Kenikmatan sesaat, tapi penderitaan yang berkepanjangan, penderitaan Dunia dan Akherat”. Jangan pernah berpikir “bagaimana nanti, tapi berpikirlah nanti bagaimana “
    Mudah-mudahan bermanfaat

  86. Irvani said,

    Juli 21, 2011 pada 12:31 am

    nafsu memang hanya kenikmatan sesaat, tapi memang cukup sulit untuk menghalau kedatangannya. Mulai saat ini, hari ini, detik ini, dan ku berharap untuk selamanya ku kan mampu melawan hawa nafsuku yang buruk dan ku harus menang! ku akan berniat untuk menghalaunya dgn doa, amal, dan semoga pintu HidayahNYA masih terbuka untuk hamba yang dhaif ini. dan semoga Aku termasuk hambaNYA yang diberi petunjuk. syukran katsiran atas ilmunya,,,,,,

  87. sahputra said,

    Agustus 7, 2011 pada 1:54 pm

    mengendalikan hawa nafsu lebih sulit dari medan pertempuran

  88. Agustus 8, 2011 pada 3:04 pm

    assalamualaikum menanggapi komentar dari sahputra mememang mengendalikan hawa nafsu itu sangat berat seperti yang di katakan oleh nabi muhammad saw bahwa parang atau jihad yang paling besar itu adalah memerangi hawa nafsu

  89. Alhawarizmi said,

    Agustus 16, 2011 pada 1:34 pm

    Bagaimana kalau kita telah melakukan puasa, tetapi tetap saja tidak bisa menahan hawa nafsu
    Apakah ada solusinya?

  90. ikan teri said,

    Agustus 18, 2011 pada 12:01 am

    walau apapun caranya jua..
    engkau mendaki gunung yang tinggi..
    engkau berentas di lautan api..
    namun tak dapat juga dimiliki..
    jika tidak kembali pada Allah S.W.T..

    kerjakan yang wajib dan sunahnya..
    renungkan dan lakukan :
    rukun iman dan rukun islam..
    ..

  91. Andiluqman said,

    Agustus 21, 2011 pada 10:43 pm

    YA ALLOH.. Ni article nya sngat bagus sekali.. Aku penuh dgn dosa dan selalu menuruti hawa nafsu. Setelah membaca Article di atas serasa aku dapat ilmu yg sangat berharga sekali untuk pencerahan imanku. YA ALLOH.. Tolong diriku YA ALLOH… Aku mohon agar aku selalu mendapat lindungan dan naungan rahmatmu YA ALLOH.. Terlebih lagi kpd beliau yg telah berbagi ilmu atas tulisan ini… AMIN AMIN AMIN… YA ALLOH

  92. wati said,

    September 2, 2011 pada 9:37 am

    yaa blh gx nayaa.,.,misal kita maksiaat,.,trs kita tobat,.,menyesal telah bermaksiattt,.,.,v ngelakuin lage tobat lage ngelakuin lagee.,.,terus dan terus begitu.,.,apa kah allah masih akan mengampuni kittaa.,…,,,,

    • Oktober 11, 2011 pada 12:11 am

      InsyaAllah Allah SWT akan mengampuni selama kita bertobat , Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang menghidupkan malam Al-Qadar, ia akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak bintang di langit, seberat gunung dan seluas samudera.”
      (Al-Mustadrak 7: 457)
      Namun kalau kita terus berbuat dosa lagi, tentu yang rugi adalah kita sendiri, karena maksiaat itu khan bentuk penyiksaan diri. Kalau saya boleh tanya kepada Wati, kenapa coba Wati mau tobat?Karena tahu khan sebetulnya maksiat itu menyakitkan, makanya menyesal…

    • dayat said,

      Januari 14, 2012 pada 6:08 am

      Kalau maksiat tobat lalu maksiat lagi dan tobat lagi. maka taubat sangat mudah untuk didapatkan semua org bisa, sehingga dosa terus dilakukan krn mudah untuk bertobat kembali…. Allah hanya menerima taubat manusia karena ketidaksengajaan atau ketidaktauhan kemudian ia dengan segera bertobat. diluar dari itu ialah dosa yang pasti tetap oleh Allah. jadi tidak ada artinya bertaubat kalau tetap mengerjakan dosa. jadi hindarilah dosa. dan motivasi diri untuk tidak menambah dosa yang sudah ada.

  93. Ahmad Asep said,

    Oktober 6, 2011 pada 6:38 am

    إلهى لست للفــــردوس أهلا # ولا أقوى على النـار الجحيم
    فهب لى توبة واغــفـر ذنوبى # فإنك غافــر الذنب العظيم
    Smoga Allah tetap membukakan pintu ampunan kepada qt semua dari dosa-dosa yang telah qt lakukan.
    Saya yakin selama qt ada keinginan untuk bertaubat, Allah pasti membuka pintu taubat itu. (sebelum ajal menjemput)

    • Edy Waloyo said,

      November 15, 2011 pada 3:16 pm

      bgaimna cra mngendalikaan hwa nfsu,tlong lah aqu?????

      • hambali azha jua said,

        Januari 19, 2012 pada 4:16 pm

        Anggap aja nafsu jahatmu itu musuh bebuyutanmu..

  94. yani said,

    November 16, 2011 pada 4:45 pm

    kasih tips yg bnyk n lngkp lg y..
    biar aq bs jd wanita yg berakhlaqul krimah.
    amiinn

  95. papi ichong said,

    November 24, 2011 pada 5:07 pm

    susah sekali menahan hawa nafsu, mungkin lebih baik kita menjauh dari hal2 yang membangkitkan birahi. jangan mendekati zina ( Laa taqqrabu zina ).

  96. rohmat said,

    Desember 1, 2011 pada 2:16 pm

    kalo boleh saya ikut ngomong disini..”Ibarat Pengembala Kambing..hawa nafsu adalah kambingnya dan pengembalanya adalah kita,.bagaimana kita bisa menjaga kambing-kambing kita agar tidak memakan rumput2 tetangga…allohu’alam..”

  97. uliwawa said,

    Desember 18, 2011 pada 1:15 am

    sangat sulit mggatasi hawa napsu saat kita emosi, dg banyak istifar mdh-mdhan kita dpt menahan emosi kita yg sangat-sangat tdk terkendali

  98. Nuraina said,

    Januari 2, 2012 pada 7:39 pm

    Hmm…

  99. dayat said,

    Januari 14, 2012 pada 5:59 am

    cara mengatasinya adalah jangan menjauh dari orang-orang shaleh. insyaallah

  100. rizal said,

    Januari 17, 2012 pada 7:45 am

    Assalaaamu a’laikum wr wb
    Sdah skian lama susah untuk mnahan hawa nafsu trutama nafsu sahwat,mdahn2allah swt mmberi petunjuk amin.

    • hambali azha jua said,

      Januari 19, 2012 pada 4:11 pm

      Amin doakan aku juga..

  101. hambali azha jua said,

    Januari 19, 2012 pada 4:09 pm

    Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un..

  102. Antum Iqra said,

    Januari 23, 2012 pada 8:57 pm

    bagaimana cara yang paling baik agar kita mampu mengendalikan hawa nafsu tanpa menyakiti diri sendiri dan orang-orang disekitar kita..
    mohon balasannya

  103. manalasta said,

    Februari 4, 2012 pada 1:02 pm

    ada yang lebih bagus lagi ga,,, ane lg butuh yg bener bener bisa ane jalanin,, ane sering sekali melakukan mastrubasi,, tolong tips.y
    ae mauberubah tp kadang kadang melakukannya lagi

    • agi said,

      Maret 3, 2012 pada 5:16 pm

      baca alquran dan terjemahnya. hidup hanya sementara kalau bukan kematian yang menjemput pastilah kiamat.

  104. fata said,

    Februari 16, 2012 pada 2:12 am

    “bila belum bisa dekat dengan allah maka dekatlah dengan orang yang dekat sama allah”

  105. Februari 20, 2012 pada 12:31 pm

    subhanallah,,,,,,,,, saya jadi paham masalah pengendalian hawa nafsu,insya ALLAH ,,,,sy akan mempelajarinya lebih lanjut

  106. sutarman said,

    Februari 27, 2012 pada 1:14 am

    sy kira yg paling bgus kalo puasa dan ibadah lainnya mash mmbuat nafsu melonjk adlh jalankan sunnah nabi yaitu nikah. insya ada berkah didlmnya.

  107. rico. said,

    Maret 1, 2012 pada 2:22 pm

    apabila nafsu syahwat itu dtang kpd kt,khusus kpd yg belum nikah,maka sgeralah berwdhu, dan bacalah alqur’an ataw buku2 hadits nabi,mwpun buku2 yg berasaskan islamic.
    insya alloh,nafsu syahwat kt akan reda.

  108. Maret 1, 2012 pada 2:25 pm

    ada banyak cara agar nafsu dapat dikendalikan dan diseimbangkan. intinya adalah pada kemauan hati yang kuat untuk mengamalkan cara tersebut. Allah sudah memberi rambu2 dan cara, diantaranya dengan sholat. innasshalata tanha ‘anil fahsyaai wal munkar…sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan munkar, termasuk diantaranya mengikuti hawa nafsu yang berlebihan….btw,postingannya mdh2n jadi amal sholeh bagi penulis, amin…

  109. Boyman Dagea said,

    Maret 4, 2012 pada 7:23 pm

    nafsu adl ujian bagi hamba allah untuk mengukur sekuat ap iman hamba tersebut , maka dr itu kt harusberusaha melawan nafsu itu………

  110. soni said,

    Maret 5, 2012 pada 5:47 pm

    ya memang apabila kita ingin selamat dunia dan akerat kita harus selalu mengingat ALLH SWT dan senatiasa mengekang hawa nafsu yang selalu menggoda kita

  111. Maret 19, 2012 pada 12:04 pm

    tolong kasih saya tips

  112. Angga joe amstrong said,

    Maret 20, 2012 pada 12:51 pm

    Nafsu? Hmm..

    Memang terkadang qt gagal melawan hawa nafsu..
    Tp gagal itu bkn brarti kalah,
    Yg fatal adlh ktk anda menyerah.

    Chayo!!

  113. Maret 20, 2012 pada 8:21 pm

    aku hanya berusaha tp selalu gagal…

  114. Maret 20, 2012 pada 8:24 pm

    aku hanya berusaha…

  115. Maret 21, 2012 pada 6:53 pm

    lawan hawa nafsu aja aku selalu game over ,..

    menang nya paling jarang2 ,…

    tapi aku selalu berusaha untuk melawan hawa nafsu ku

  116. Maret 26, 2012 pada 12:14 pm

    “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang beriman..

  117. Maret 28, 2012 pada 6:54 pm

    Mudah2an kita diberi kekuatan untuk mengendalikan hawa nafsu,,,,

  118. milla said,

    April 19, 2012 pada 11:59 pm

    bisa juga dengan cara sering2 berpuasa sunnah kita bisa menahan hawa nafsu….

  119. M Amirul Ihsan said,

    Mei 1, 2012 pada 8:03 am

    cara mudah untuk menahan hawa nafsu adl hidup”kanlah puasa senin kamis,..

    carilah jati dirimu dengan beribadah dengan Allah SWT..

  120. Juni 20, 2012 pada 10:34 pm

    makasihhh sukronnnnn kasiron yah info nya :)

  121. obiie said,

    Juni 21, 2012 pada 11:07 pm

    apa hukum nya orang yg sering mastiburasi
    dan bagai mana cara menghilangkan kebiasaan tersebut

    • JUMADI said,

      September 13, 2012 pada 3:12 pm

      KEBIASAAN BURUK DI LAKUIN, HEE, TOBAT TOBAT…

  122. hafidzh said,

    Juli 8, 2012 pada 10:51 am

    saya hanya ingin bertanya, bagaimana org yg menjalani satu hubungan pacaran, yg justru pacaran itu mengarah pda nafsu itu sendiri, apakah kita harus melepaskan kekasih kita itu, meskipun dia oarg yang paling kita sayang, yah sekalipun cinta kita kepadanya itu tidak melebihi cinta kita kepada sang khalik…. dan menyakiti perasaannya,,,,?? mohon penjelasannya…???

    • yopi sopiyan said,

      Desember 22, 2013 pada 11:14 am

      jangan terlalu menunjukan rasa sayang yang berlebihan meskipun kita benar” menyayanginya

  123. JUMADI said,

    September 13, 2012 pada 3:19 pm

    hanya berserah diri kepada Allah hati ini akan tentram dan aman. berlatih lah bersabar dalam menghadapi hidup ini.
    aku tidak mau bersosialisasi lagi, aku ya aku, kamu ya kamu, mereka ya mereka. its okey, i dont care!!!

    jumadiplatk@yahoo.co.id

  124. wafa said,

    Juli 7, 2013 pada 10:02 am

    doanya ada g ..???

  125. irwan malaikat 16 said,

    Juli 18, 2013 pada 11:43 am

    nafsu memang susah dilawan,apalagi nafsu birahi,, kita sudah tahu itu dosa,,tpi tetep aja kita melakukannya,, itu lah manusia,pasti berdosa,, alangkah baiknya dosanya di tahan..

  126. Oktober 9, 2013 pada 6:55 am

    Banyak2lah MenGingat ALLAH(zikir)setiap detak jantung dan nafas berhembus,,,,
    Insyaallah kita selamat dr bahaya nafsu,
    Wallahu a’lam

  127. ira said,

    Desember 28, 2013 pada 1:15 pm

    Doanya dgn istighfar.. mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan sholat…mari saling mendoakan insyaAllah..

  128. Januari 13, 2014 pada 11:42 pm

    assalamu alaikum,,,
    terkadang, untuk mwmbangkitkan gairah meningnggalkan hal buruk itu ”pribadi” mendengarkan bagaimana hal yang membahagiakan adalah hal yang berguna, yakni siraman dakwah dakwah yang memotivasi mendekatkan terus kepada Allah swt… insya’allah, antum bisa mencontohkannya sndiri, dan memberi saran lebih baik lagi…
    Wassalamu alaikum…

  129. Bang Uddin said,

    April 23, 2014 pada 1:26 pm

    Ijin ninggalin jejak ya gan… thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: