Akhlak Islam Cerminan Aqidah Islam

MediaMuslim.Info“Sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berakhlak yang agung” (Al qalam : 4). Adakah orang yang tidak menyukai perhiasan ? jawaban pertanyaan ini jelas, bahwa tidak ada seorangpun melainkan ia menyukai perhiasan dan senang untuk tampil berhias di hadapan siapa saja. Karena itu kita lihat banyak orang berlomba-lomba untuk memperbaiki penampilan dirinya. Ada yang lebih mementingkan perhiasan dhahir (luar) dengan penambahan aksesoris sepertipakaian yang bagus, make up yang mewah dan emas permata, sehingga mengundang decak kagum orang yang melihat. Adapula yang berupaya memperbaiki kualitas akhlak, memperbaiki dengan akhlak islami.

Yang disebut terakhir ini tentunya bukan decak kagum manusia yang dicari, namun karena kesadaran agamanya menghendaki demikian dengan disertai harapan mendapatkan pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala. Kalaupun penampilannya mengundang pujian orang, ia segera mengembalikannya kepada Allah karena kepunyaan-Nyalah segala pujian dan hanya Dialah yang berhak untuk dipuji.

ISLAM MENGUTAMAKAN AKHLAK

Mungkin banyak diantara kita kurang memperhatikan masalah akhlak. Di satu sisi kita mengutamakan tauhid yang memang merupakan perkara pokok/inti agama ini, berupaya menelaah dan mempelajarinya, namun disisi lain dalam masalah akhlak kurang diperhatikan. Sehingga tidak dapat disalahkan bila ada keluhan-keluhan yang terlontar dari kalangan awwam, seperti ucapan : “Wah udah ngerti agama kok kurang ajar sama orang tua.” Atau ucapan : “Dia sih agamanya bagus tapi sama tetangga tidak pedulian.”, dan lain-lain.

Seharusnya ucapan-ucapan seperti ini ataupun yang semisal dengan ini menjadi cambuk bagi kita untuk mengoreksi diri dan membenahi akhlak. Islam bukanlah agama yang mengabaikan akhlak, bahkan islam mementingkan akhlak. Yang perlu diingat bahwa tauhid sebagai sisi pokok/inti islam yang memang seharusnya kita utamakan, namun tidak berarti mengabaikan perkara penyempurnaannya. Dan akhlak mempunyai hubungan yang erat. Tauhid merupakan realisasi akhlak seorang hamba terhadap Allah dan ini merupakan pokok inti akhlak seorang hamba. Seorang yang bertauhid dan baik akhlaknya berarti ia adalah sebaik-baik manusia. Semakin sempurna tauhid seseorang maka semakin baik akhlaknya, dan sebaliknya bila seorang muwahhid memiliki akhlak yang buruk berarti lemah tauhidnya.

RASUL DIUTUS UNTUK MENYEMPURNAKAN AKHLAK

Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam, rasul kita yang mulia mendapat pujian Allah. Karena ketinggian akhlak beliau sebagaimana firmanNya dalam surat Al Qalam ayat 4. bahkan beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menegaskan bahwa kedatangannya adalah untuk menyempurnakan akhlak yang ada pada diri manusia, “Hanyalah aku diutus (oleh Allah) untuk menyempurnakan akhlak.” (HR.Ahmad, lihat Ash Shahihah oleh Asy Syaikh al Bani no.45 dan beliau menshahihkannya).

Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu seorang sahabat yang mulia menyatakan : “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling baik budi pekertinya.” (HR.Bukhari dan Muslim). Dalam hadits lain anas memuji beliau shalallahu ‘alahi wasallam : “Belum pernah saya menyentuh sutra yang tebal atau tipis lebih halus dari tangan rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Saya juga belum pernah mencium bau yang lebih wangi dari bau rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Selama sepuluh tahun saya melayani rasulullah shalallahu ‘alahi wa sallam, belum pernah saya dibentak atau ditegur perbuatan saya : mengapa engkau berbuat ini ? atau mengapa engkau tidak mengerjakan itu ?” (HR. Bukhari dan Muslim).

Akhlak merupakan tolak ukur kesempurnaan iman seorang hamba sebagaimana telah disabdakan oleh rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam : “Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang terbaik akhlaknya.” (HR Tirmidzi, dari abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, diriwayatkan juga oleh Ahmad. Disahihkan Al Bani dalam Ash Shahihah No.284 dan 751). Dalam riwayat Bukhari dan Muslim dari Abdillah bin amr bin Al ‘Ash radhiallahu ‘anhuma disebutkan : “Sesungguhnya sebaik-baik kalian ialah yang terbaik akhlaknya.”

KEUTAMAAN AKHLAK

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu mengabarkan bahwa suatu saat rashulullah pernah ditanya tentang kriteria orang yang paling banyak masuk syurga. Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab : “Taqwa kepada Allah dan Akhlak yang Baik.” (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi, juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Lihat Riyadus Sholihin no.627, tahqiq Rabbah dan Daqqaq).

Tatkala Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menasehati sahabatnya, beliau shalallahu ‘alahi wasallam menggandengkan antara nasehat untuk bertaqwa dengan nasehat untuk bergaul/berakhlak yang baik kepada manusia sebagaimana hadits dari abi dzar, ia berkata bahwa rashulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada dan balaslah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya kebaikan itu akan menutupi kejelekan dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik.” (HR Tirmidzi, ia berkata: hadits hasan, dan dishahihkan oleh syaikh Al Salim Al Hilali).

Dalam timbangan (mizan) amal pada hari kiamat tidak ada yang lebih berat dari pada aklak yang baik, sebagaimana sabda rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam : “ Sesuatu yang paling berat dalam mizan (timbangan seorang hamba) adalah akhlak yang baik.” (HR. Abu Daud dan Ahmad, dishahihkan Al Bani. Lihat ash Shahihah Juz 2 hal 535). Juga sabda beliau : “ Sesungguhnya sesuatu yang paling utama dalam mizan (timbangan) pada hari kiamat adalah akhlak yang baik.” (HR. Ahmad, dishahihkan al Bani. Lihat Ash Shahihah juz 2 hal.535).

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu berkata : Rashulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya orang yang paling saya kasihi dan yang paling dekat padaku majelisnya di hari kiamat ialah yang terbaik budi pekertinya.” (HR. Tirmidzi dengan sanad hasan. Diriwayatkan juga oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban. Lihat Ash shahihah Juz 2 hal 418-419).

Dari hadits-hadits di atas dapat dipahami bahwa akhlak yang paling baik memiliki keutamaan yang tinggi. Karena itu sudah sepantasnya setiap muslimah mengambilakhlak yang baik sebagai perhiasannya. Yang perlu diingat bahwa ukuran baik atau buruk suatu akhlak bukan ditimbang menurut selera individu, bukan pula hitam putih akhlak itu menurut ukuran adat yang dibuat manusia. Karena boleh jadi, yang dianggap baik oleh adat bernilai jelek menurut timbangan syari’at atau sebaliknya.

Jelas bagi kita bahwa semuanya berpatokan pada syari’at, dalam semua masalah termasuk akhlak. Allah sebagai Pembuat syari’at ini, Maha Tahu dengan keluasan ilmu-Nya apa yang mendatangkan kemashlahatan/kebaikan bagi hamba-hamba-Nya. Wallahu Ta’ala a’lam.

 Sumber: www.mediamuslim.info

112 Komentar

  1. fakhruddin said,

    Januari 22, 2007 at 3:25 pm

    apakah isu-isu akhlak dalam ekonomi dan poltik serta cara penyelesaiannya?

    • Bowo said,

      Januari 24, 2010 at 10:41 am

      apakah isu-isu akhlak dalam ekonomi dan poltik serta cara penyelesaiannya?

      Dalam islam sudah diterangkan secara terperinci… jika para pelaku ekonomi/politik memahaminya dan melaksanakannya, insya allah gak akan seperti sekarang

      • Fatih said,

        Mei 28, 2010 at 10:48 am

        Nah disini permasalahannya, mereka yg menggenggam kekuasaan adalah sasaran dakwah, bukan cuma membatasi ruang & gerak pd perbaikan individu semata. Pelanggaran yg jelas-jelas mereka lakukan di depan mata, terpublikasi & mereka pun tdk menutup-nutupi, pengaplikasian ekonomi liberal & sejenisnya, harus dikabarkan pd umat apa yg sdg terjadi saat ini & apa solusinya.

  2. satuhati said,

    Januari 25, 2007 at 9:12 am

    Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh

    salam kenal.
    semoga Alloh memberikan kita Hidayah dan Bimbingannya

    amin

  3. nur hadi said,

    Maret 22, 2007 at 9:50 pm

    assalamu’alaikum wr. wb.
    pak apakah saya boleh minta file bacaan yang mungkin bisa menggugah hati saya yang keras ini ?, saya mohon kirimkan ke e-mail saya terima kasih
    wassalamu’alaikum wr. wb.

    • Fatih said,

      Mei 28, 2010 at 10:53 am

      Antum bangun tengah malam, sholat tahajud, kemudian muhasabah, dari mana antum berasal, apa tujuan antum diciptakan, & mau kemanakah antum. Apakah antum diciptakan buat senang-senang kemudian mati pasti masuk surga, ataukah antum sebenarnya skg berada diantara 2 titik yg sangat singkat (+-63 th/bahkan kurang dari itu), namun waktu yg singkat itu menentukan kehidupan antum yg kekal di akhirat, yg mana antum kalau sdh msk ke dlm kehidupan tsb, tdk bisa kembali ke dunia. Namun yg terjadi adalah perhitungan, surga, ataukah neraka. Pikirkan.

      • aishah said,

        Maret 8, 2011 at 3:38 pm

        bagus muhasabah ni… sebenarnya begitulah soalan yang harus bermain dalam aqal setiap individu. malah bukan sekadar bermain di minda, tetapi mestilah kearah bertindak dan melaksanakan dalam setiap gerak-geri individu muslim…

  4. April 18, 2007 at 1:18 pm

    Assalamu’alaikum, smoga Akhlak kita semakin meningkat sesuai harapan bangsa, tidak menurun sperti harapan orang-orang yang dimurkai Allah

  5. Budi said,

    April 25, 2007 at 11:15 am

    Assalamu alaikum, tolong saya bisa dikirimi bacaan mengenai aklak yg lebih detail, terutama tentang implementasinya (perilaku, sikap dan tindak tanduk yang nyata).

  6. AlMaidani said,

    Mei 21, 2007 at 1:21 pm

    Wassalamualaikum
    @Budi Coba aja langsung ke situs-situs Islam yang membahas Akhlaq seperti http://www.mediamuslim.info ataupun Ibrah seperti http://www.kisahislam.com

    @Eka
    Amin

  7. aichaibrahim said,

    Juni 24, 2007 at 6:13 pm

    From Madam Aicha Ibrahim

    Sala Muhalekum My Dear Honourable !!!

    I am Madam Aicha Ibrahimand been converted to Islamic Muslim Religion with My Late Husband, I am 54 Years Old Woman and we have became more devoted in Islamic Muslim Religion for quite good number of years now but I am at this moment suffering with ( Esophageal Cancer )/breast and fibroid of the womb which has affected my health and after taking all type of medical treatment in other to find my self survives it still defiling that I will be only having some few Month to live, according to what the medical experts has observed in me.

    My Husband who is now Late was killed during the political crisses which took place on September 19th 2002.

    My late Husband was the Chairman of the Contract Awarding Committee under Budgeting and Planning of our Country.

    Throughout the period of my marriage with him, all efforts to bear Children with him proved abortive because of my poor state of health and after his death issues, I inherited all his wealth ,with our abdopted son by name ( Musa ) since he has no other next of kin but it is now obvious that I may not survive my poor state of health .

    I have deemed it necessary to leave a legacy on Earth and give a positive account and justification of the life I lived on Earth before the Almighty ALLAH.

    This is what I want to achieve by committing this wealth in all Islamic Societies or orphanages Homes / widows and the less privileged peoples around the Globe.

    I am meditating what may happen after death that is why I am taking this decision by giving this Money out to be use to accomplish the Almighty ALLAH’S Divine Marvelous work around the Globe because I highly believed that I will be with Him in his most perfect and the most peacefully place.

    Note that this sum(US$ 7.5 Million) was secured and Deposited in one Security Company with my name by my Late Husband and all the related Documentation covering the Treasure Box are Highly intact with me as the Cobeneficiary of the Treasure.

    So on the receipt of your immediate response to me I will forward all the necessary Documents covering the Treasure Box were the Money is been packaged and sealed in the Treasure Box before Depositing it in the Security Company as to enable you open up your communication with them for the releasing of the Treasure Box to you as I cannot follow it up right now because of my illness condition.

    Please Religious doesn’t matter in this divine project henceforth I put all my trust in you but do actualize my dreams with this Money for the sake of the Almighty ALLAH because My happiness is that I lived a life of a true devoted life worthy of emulation.

    Lastly, I honestly pray that when releasing the Treasure Box to you by the Security Company were the Money is been packaged and sealed it will be well judiciously used for the said purpose as the Almighty ALLAH has reviewed for humanitarian services and you should be aware that whoever that wants to serve Him must serve him in truth and in fairness.

    So Please always be prayerful all through your life in this Divine marvelous Work of the Almighty ALLAH.

    Until I hear from you and be sure that all my dreams will rest squarely on your shoulders to be accomplish.

    Reach me immediately by my private email address aichaibrahim6@yahoo.com so that I can give you further details. Also provide me your direct tel/fax to reach you .

    Finaly, 50% of this mony will be for the work of ALLAH, while 35 % will be for our abdopted son which you will also help him to invest in your country, while 15 % Will be for you for your assistance.

    Insha ALLAH

    Thanks ones again.

    Madam Aicha Ibrahim

  8. zahrotul said,

    September 25, 2007 at 1:58 pm

    Suatu keluarga muslim yang sakinah yang berakhlak islami adalah suatu keluarga dimana suatu keluarga yang anggota-2nya semua dalam keadaan tenang lahir dan batin, selalu menjalani hidup dengan penuh rasa syukur kpd Allah SWT,dan ikhlas menjalankan perintahNYA, menjauhi laranganNYA. Didalam pergaulan sehari-hari saling menghormati satu sama lain, hidup tolong menolong , rumah tangga selalu dihiasi senyum dari seluruh anggotanya.

  9. Fajri said,

    Oktober 3, 2007 at 1:14 pm

    Ternyata ibadah dalam islam mengisyaratkan hubungan dengan Allah akan berarti bila disempurnakan dengan hubungan yang mesra dengan manusia.
    contoh, Shalat dimulai dengan Takbir dan diakhiri dengan Salam, mendoakan saudaranya. Puasa yang tahu hanya dia dan Allah, namun diakhiri dengan zakat fitrah, untuk manusia lain. Bahkan pertolongan Allah itu akan datang selama kita menolong saudara kita “Allah akan tetap menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya” (Hadits 36 Arbain)

  10. Asti pratiwi said,

    November 15, 2007 at 12:24 pm

    saat globalisasi smkin sedang mrajai dunia tingkat atas, begitu banyak manusia yang lupa ,Apa itu ahklak islami?????????????????????,yang mjd pertanyaan wahai PEMUDA sejuah mana kau mengenal akhlak mu dr pada, motormu,baju2mu,gayamu,teman2mu,nongkrongmu,segala urusanmu yang jauh dari ketidak manfaatan. yang mjd pertanyaan adalah SEJAUH MANA DIRIMU MELANGKAH………,dalam dunia fana ini ?????????????,sudahkah oranglain dapat merasakan keindahan akhlak mu ?, atau selama ini mereka telah banyak tertindas oleh sikap mu.truslah berubah pada jalan terbaik MUMPUNG MASIH HIDUP.

  11. ATHIROH said,

    Desember 16, 2007 at 1:18 pm

    Islam itu indah.Islam mengajar kita semua aspek hatta sampai adab masuk tandas juga diajar.Tetapi umat sakarang hanya mengambil islam secara juz’i padahal islam itu syumul.semakin hari akhlak sbg seorang islam semakin luntur KENAPA???????Hati kita telah dirampas oleh musuh kita dgn pelbagai cara diantaranya secara saraf.Sebenarnya television adalah musuh yang sedang menunggu utk menjauhkan kita drp Allah.Dengan pelbagai rancangan yang meruntuhkan akhlak dan pegangan aqidah kita.Itulah diantara asbab kenapa remaja skr runtuh akhlaknya.Menontonlah television dengan rasa muraqabah dan dengan penuh keimanan.

  12. nur said,

    Januari 9, 2008 at 3:20 pm

    akhlaq yang baik yaitu aqhlak yang mengikuti syariah dan tetap mencontohi akhlaq rasullulloh SAW.cuman itu saja komentar saya

  13. nur said,

    Januari 9, 2008 at 3:22 pm

    akuilah islam dengan akhlakmu, karena orang lain melihat agama seseorang melalui perilaku.

  14. nur said,

    Januari 9, 2008 at 3:25 pm

    kedamaian berasal dari akhlak yang suci. seandaianya makhluk didunia ini memilki akhlak seperti rasullulloh beserta tokoh-tokoh agama lain subhanallah dunia akan tenteram dan sejuk. amin

  15. raihan said,

    Januari 14, 2008 at 2:22 pm

    hamba mencari tempat untuk berbagi hidup hamba.hamba tak kuasa lagi menahan derita hamba.hamba takut akan kerapuhan iman hamba.tooooolllloooooooooooonnnnnnnnnngggggggggggggggg!!!!!

  16. zura_zamani said,

    Januari 15, 2008 at 11:24 am

    salam…
    best bace artikel ni….
    klau nak tau lebih byk lagi pasal akhlak ni, ana cdgkan bace la buku ‘Semulia Akhlak Nabi’ tulisan Amru Khalid…
    jazakillah…

  17. fiah said,

    Januari 26, 2008 at 9:50 pm

    assalamu alaikum wr wb
    tolong saya minta dikirimi email ust atau temen yang bisa diajak chating atau kirim pesan(komunikasi) tentang akhlak seorang muslim.

  18. ulfah said,

    Februari 13, 2008 at 5:56 pm

    assalamu’alaikum wr wb
    salam ukhuwah……..
    menjadi seorang muslimah yang berakhlak memang susah ya,apalagi akhlak seperti Rasulullah…….
    ya robby ampuni hamba yang berlumur dosa
    jazakumullah khoiran katsiran

  19. Rizaldi said,

    Maret 4, 2008 at 5:02 pm

    Ass. Wr.Wb.
    pa, apkah bapak percaya bahwa akhlak santri mayoritas sudah bagus? menurut bpk. bagman penanaman akhlak kpd santri-santri yg modern, dengan kondisi zaman yg sudah ternodai oleh bdy barat???

  20. 1heart4love said,

    Maret 10, 2008 at 7:26 pm

    Bukan disebut akhlak bila tidak berdasar pada aqidah yang lurus dan suci

  21. KARYANA said,

    April 23, 2008 at 9:42 am

    Bagaimana menerapkan akhlak yang mulia pada sistem keaneka ragaman perbedaan agama negara kita yang komprehensif dan pluralitas.

  22. liz said,

    Mei 3, 2008 at 8:18 am

    membicarakan masalah akhlak,sungguh sangat menerik,namun betapa susahnya beraklak yang baik,pdahal tidak sedikit orang yang berilmu tinggi namun ahlaknya bobrok.

  23. fauzie said,

    Juni 28, 2008 at 11:40 am

    klo banyak artikel-artikel tentang ahlak kirim ke e-mail saya

  24. mini said,

    Juli 4, 2008 at 11:57 am

    Saya adalah seorang wanita yang akan menikah , alangkah bahagianya saya karna saya akan menikah,mempunyai keluarga yang sakinah amin…..

  25. heru said,

    Agustus 15, 2008 at 9:41 pm

    coba pelajaran tentang akhlak lihat di webnya akhlakmulia.com (amC). pendirinya ustadz mas dhanu yang kasih tauziah tiap hari minggu jam 5 pagi siaran di tpi.
    Bagus juga tuh rata2 isinya tentang akhlak kita sehari2 dan bagaimana kita harus bersikap sesuai tuntunan agama

  26. mirwan said,

    Oktober 24, 2008 at 10:25 pm

    akhlak yang baik buakn sekadar menghiasi diri tetapi juga diamalkan

  27. agung said,

    November 6, 2008 at 4:57 pm

    ass.
    kadang kita hanya bisa teeeeoooriiiii, bagaimana penerapannya pada kehidupan?

    • Januari 31, 2012 at 8:46 am

      bissmillahirrohmaanirrohim,mmg setiap yg kita ucapkan harus ada bukti,namun untuk belajar bisa membuktikan ucapan yg keluar step by step,bukan langsung kun fayakun,jd perlu proses,islam juga mengenalkan sesuatu dg proses,INSYAALLOH SETIAP YG KITA UCAPKAN KITA BISA MENGAPLIKASIKAN AMII………….NN

  28. armansyah said,

    Desember 18, 2008 at 9:40 am

    banyak orang merasa beriman tapi kurang berakhlak, pasti ada masalah dengan hatinya karena orang yg menyimpan penyakit hati tidak merasa hatinya sedang dijangkiti penyakit, dapat dilihat melalui orang lain dengan saling mengingatkan tentang kebenaran dlm kesabaran.

  29. Desember 26, 2008 at 5:00 pm

    [...] Akhlak seorang muslim Cerminan Aqidah Islam [...]

  30. sugyy said,

    Februari 19, 2009 at 2:40 pm

    pelajari slalu agama islam.

  31. Agus Adhar said,

    Maret 2, 2009 at 8:48 am

    Islam adalah agama yang telah disempurnakan oleh Allah swt, maka jangan pernah berkata bahwa anda berpindah ke Islam, namun katakanlah bahwa anda ingin kembali pada islam, ingin kembali pada kebenaran.

  32. UMI KN said,

    Maret 13, 2009 at 6:59 am

    Saya sdg bljar ttg akhlak,mhn kirim ke e-mail sy artikel ttg akhlak Islam.

  33. yufen said,

    April 7, 2009 at 2:21 pm

    saya lg butuh artikel untuk penunjang dalam megajar sayacpt kalau bisa

  34. budi.pranoto 'LP3I' pekan baru said,

    April 27, 2009 at 2:52 pm

    saya INGIN lebih di perbanyak lagi tentang akhlaknya agar MANUSIA DI SELURUH DUNIA INI MERUBAH AKHLAKNYA MENJADI LEBIH BAIK

  35. riko ferdian said,

    Mei 23, 2009 at 7:04 am

    tolong dong kawan2 gmana caranya kita bisa menjadikan rumah tangga kita sakinah,mawadah,warahmah bis dalam pelaksanaanya not as simple as theory????

    • Januari 18, 2012 at 7:16 am

      bismillaahirrokhmaanirrokhiim,bukan menggurui tp sy akan membagi ilmu yg sy miliki walaupun ilmu sy sgt terbatas,di dlm rumah tangga apapun yg kita lakukuan dr hal2 yg paling terkecil,pasangan kita sebaiknya mengetahui,walaupun ujung2nya gak enak,apalagi pasangan kita agak keras hati,tp kita tahu cara menyampaikan yg haq & yg bathil,krn hanya kita yg tahu ttng pasangan kita,hendaknya selalu mengingat kebaikan2pasangan kita,klo melihat yg d luar lebih dr yg d rumah,ya krn mmg stiap orng yg mau keluar rumah pasti berdandan,insyaalloh ALLOH menjaga rumah tangga kita.(BAITI JANNATI)

  36. awabin said,

    Juni 4, 2009 at 4:35 pm

    hai semua ? pa kabar
    gmn keadan skrang ya
    baek” aja to semua

  37. ratu hania said,

    Juni 9, 2009 at 1:09 pm

    aJari aKu ber aKhlaq Baik… thank’s aku ingin menjadi uslim yg memang menjadi muslim yg hanya berjalan dijalan perintahNya tapi kok susah… tolong aku…

  38. ratu hania said,

    Juni 9, 2009 at 1:10 pm

    37.

    aJari aKu ber aKhlaq Baik… aku ingin menjadi muslim yg memang menjadi muslim yg hanya berjalan dijalan perintahNya tapi kok susah… tolong aku…

  39. sunaribowo said,

    Juli 1, 2009 at 2:49 pm

    Assalamu alaikum, mungkuin saya bisa minta tolong untuk dikirimi bacaan mengenai aklak yg lebih detail, terutama tentang implementasinya (perilaku, sikap dan tindak tanduk yang nyata). sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih
    Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb

  40. Juli 1, 2009 at 3:22 pm

    mudah-mudahan dgn adanya tulisan seperti ini, bisa membuat akhlak kaum muslimin jadi baik,,,,,amiii….

  41. Juli 1, 2009 at 3:24 pm

    perbanyak tulisan mengenai akhlak, baik maupun buruk, agar bisa menjadi referensi bagi ummat islam….salam kenal

  42. wiwik said,

    Juli 8, 2009 at 5:41 am

    akhlak dan aqidah adalah kesatuan yg tidak boleh diabaikan salah satunya apalagi keduanya. tapi hal inilah yg sering terabaikan umat Islam. merasa ibadah sudah cukup tapi akhlak tak terjaga. terutama akhlak yg berkaitan dg lisan. oh sungguh betapa banyak dosa yg kita lakukan karena tak menjaga lisan. Astaghfirullohal’adzim.

  43. nienk said,

    Juli 21, 2009 at 12:35 pm

    Alangkah bahagianya bila semua muslim di dunia ini , berpedoman pada akhlak muslim sejati. Dunia akan terasa damai ….

  44. liputchan said,

    Agustus 4, 2009 at 11:10 am

    thanks…..

    • Januari 18, 2012 at 7:41 am

      alhamdulillah…………klo blog AKHLAK tsb.bisa merubah menjadi lebih baik,plajari terus ilmu2 tentang islam menurut syari’ah islam tentunya.

  45. GAPUR said,

    Oktober 4, 2009 at 10:44 pm

    kita lihat banyak isu yangh berkembang bahwa seoarang alumni pesantren lebih buruk ahlak nya ketimbang sekolah umum giman tuh trus kira kira kira apa nya yang salah

    • Sholeh patra said,

      April 23, 2012 at 8:08 am

      itu kan baru isu….mudah2an faktanya tidak demikian…..

  46. Nasrudin said,

    Oktober 13, 2009 at 9:24 am

    subqanallah ahdai saja kaum muda skarang sadar betapa manisnya iman klau dlandasi dg ahlak yang mulia

  47. wawan darmawan said,

    November 12, 2009 at 8:42 pm

    Akhlak cerminan Akidah, SETUJU! kArena akhlak yang tidak berdasar kepada akidah bukanlah akhlak baik, tetapi perbuatan baik yang hanya dimotivasi oleh naluri dan ilmu. Sedangkan dalam Islam, akhlak yang yang baik adalah perbuatan yang didasari oleh Ilmu dan keimanan. Akal mampu mengendalikan naluri dan nafsu. Karena itu, seorang yang beriman cenderung berakhlak baik, tetapi seseorang yang berakhlak baik belum tentu beriman. Seringkali terjadi, perbuatan baik selalu dianggap sama dengan akhlak baik, padahal kriteria akhlak baik pasti berkaitan dengan akidah. Inilah yang selalu mengecoh umat selama ini. Padahal perbuatan baik itu telah Alloh tanamkan pada setiap manusia, sehingga tidak heran perbuatan baik adalah milik mahkluk yang bernama manusia. Namun perbuatan baik itu tidak sama dengan ibadah….

  48. hamba Allah said,

    Desember 5, 2009 at 6:38 am

    Dan harus diingat jugak, ilmu tak oleh menjamin keimanan seseorang.

    • Januari 18, 2012 at 7:31 am

      sesuatu yg akan d kerjakan dan d lakukan pasti hrs tahu ilmunya,seseorng tanpa ilmu akan sia2 amal ibadahnya

  49. Endi said,

    Desember 5, 2009 at 11:21 pm

    maha suci ALLAH..

  50. FERYANA said,

    Desember 19, 2009 at 9:00 am

    jangan pernah kau coba untuk berubah tak relakan yang indah hilang lah sudah!!!!!!1

  51. Januari 21, 2010 at 10:33 am

    [...] Akhlak Islam Cerminan Aqidah Islam [...]

  52. rully said,

    Februari 6, 2010 at 8:16 pm

    isi blog sangat bermanfaat bagi saya, trims

  53. hendra said,

    Maret 20, 2010 at 8:38 pm

    ahklak mrubah sseorang mnjadi tata cara pendewasaan,moral yg lbih baik,sprti yy dicontoh oleh rasulullah s.a.w.aku msih munafik ya robby,

  54. hary said,

    April 10, 2010 at 12:36 am

    Bantulah hamba yaa Allah dlm menjalankanya. Amiin.

  55. Sahrudin said,

    April 11, 2010 at 10:18 pm

    KEBENARAN TELAH DATANG

    Hadirnya sosok manusia mulia pembawa kebenaran dan ajaran “KEBENARAN” yaitu : “HIDUP YANG BENAR” dan “HUKUM YANG BENAR”.

    —————HIDUP YANG BENAR
    1. Jujur.
    2. Sholat.
    3. Yakin, sabar, sadar, tekun, ikhlas.
    4. Jangan punya niat jelek dengan siapapun termasuk setan sekalipun.
    5. Jangan merasa apapun.
    —————————-Tanggal 6 Juni 2009
    ————————————–ttd
    ———————–Muhammad Gatot Haryanto

    ————–HUKUM YANG BENAR
    1. Yang benar hanya Allah.
    2. Saya hanya punya hak mengatakan benar dan salah.
    3. Saya tidak punya hak mengadili, menghukum, membunuh.
    4. Marah saya karena sayang.
    5. Walaupun disakiti saya tidak punya hak untuk menyakiti.
    ————————-Minggu pagi jam 10.00
    ———————–Tanggal, 10 Januari 2010
    ————————————ttd
    ———————-Muhammad Gatot Haryanto

    Beliaulah penuntas segala amanah, dialah pemegang KOMANDONYA (GARUDA DITANGANNYA) dan tujuan utamanya adalah menegakkan “KEBENARAN”.

    Demikian penyampaian singkat saya ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

    Sahrudin
    Hp.081386480007

    http://www.kiblatdunia.blogspot.com

  56. susanti kasiran said,

    Juni 2, 2010 at 10:05 am

    semoga orang indonesia masih meiliki akhlak yang bercermin pada akidah islam.

    • anggun nurlita said,

      Desember 10, 2010 at 7:47 pm

      amin yarobbal alamin ………….

  57. aan ba said,

    Juni 12, 2010 at 10:15 am

    Assalam,,,, wr.wb
    ahlak adalah suatu modal yg paling mendasar bagi kehidupan ummat,
    jika ummat tidak mau mempelajari Agama / al-qur’an dan hadits (ajaran islam) , tak akan dapat meraih ahlak yg sempurna.
    saya mohon izin , mau kutip artikel ini.
    terima kasih
    wassalam.

  58. istiana said,

    Juni 19, 2010 at 12:16 pm

    assalamualaikum
    alhamdullah puji syukur ‘ala ni’amillah
    semoga dengan munculnya makalah iniummat muslim bisa tersirami rahmat NYA sehingga mereka bisa mengubah akhlak yang buruk menjadi baik
    amien……………

  59. zahir said,

    Juli 9, 2010 at 10:32 pm

    assalamualaikum
    terangkan mengenai “akhlak yang murni sebagai
    pemberat timbangan di akhirat”..

  60. Tyas said,

    Juli 19, 2010 at 9:20 pm

    Makasih artikel akhlaknya.

  61. wan nurul syazana said,

    Juli 25, 2010 at 11:00 am

    saya ingin tahu mengenai akhlak islam dan punca keruntuhannya?

  62. wan nurul syazana said,

    Juli 25, 2010 at 11:01 am

    saya juga ingin tahu bagaimanakah cara penerapan akhlak islam?

  63. najie musaddad said,

    Agustus 7, 2010 at 8:07 pm

    truss pelajari dan terapkan akidahh kita dalam keseharian kita !!
    dann jangan ampe mengubahh aqidah dan akhlak ke jalan yang sesat , ikuti saja yang sudah tertera dalam kitab suci al – qur`an …

    kita sebagai umat muslim ‘ pejari dan terapkan !! ‘

  64. [N-ta] said,

    Agustus 15, 2010 at 10:44 am

    Alhamdulillah…Ha! Ini yang kita mau nie….KEREN2!!!

  65. mira said,

    Agustus 16, 2010 at 7:36 pm

    sekarang akhlak sudah menjadi nomor 2. nomor satu adalah kenikmatan duniawi tanpa menoleh kepada akhlak yang benar. tulisan ini membuat saya sadar :) trims

  66. Rudi said,

    September 4, 2010 at 10:03 am

    mudah mudahan setelah memmbaca ini saya semakin tahu tentang akhlak

  67. Admin said,

    September 15, 2010 at 5:20 am

    Artikel ini bagus sekali.
    Mohon izin ya untuk dimuat di:

    http://media-islam.or.id

  68. Oktober 14, 2010 at 5:07 pm

    Artikel ini bagus dan sangat bermanfaat bagi orang yang mau mengamalkannya…
    mudah-mudahan saya dapat mengamalkannya…
    Aamiin,,,,
    tapi saya minta : tolong dong akhlak mengenai berkendaraan di muat di blog ini..

  69. Oktober 14, 2010 at 5:12 pm

    tolong ya di balas….

  70. veintik said,

    November 25, 2010 at 7:41 am

    @fitri annisyah
    assalamuallaikum ukhti
    mengenai akhlak dalam berkendaraan, mungkin sy bisa memberikan sedikit jawaban .

    akhlak dalam berkendaraan seperti yang kita ketahui, sama saja dengan norma norma dalam berkendaraan yang telah diketahui di peraturan peraturan yang dibuat oleh aparat polisi.

  71. ina harnis said,

    November 27, 2010 at 9:04 am

    ass wr wb,,,saya sedang bermasalah dengan akhlak saya sehari hari, saya sering bertengkar dengan ortu saya,,apa ada hubungan nya dengan nm saya dan ibu saya,,klo ad, harusnya bgmn ya dan tlg berikan jln keluarnya,,,,terima kasih

  72. Rayhana said,

    Desember 1, 2010 at 1:23 pm

    knpa sii srng bnyak wanita yg ga bener???
    dan sering melakukan bnyak dosa,bahkan mereka dpt berbuat zina

    piie mrka mntupi mua k.slahan dan dosa mrka dg memakai jilbab !!!!!!!!
    pdhal mrka msiihy mlkukan dosa yg di larang olh Allah SWT ,,,

    terima kasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhh …………………….

  73. sumardi said,

    Desember 6, 2010 at 9:24 am

    asalamualaikum W.w , Bagaimana cara memperkuat akhlak kita supaya dalam penerapan dalam kehidupan kita menjadi sumpurna. tolong beri komentar. salam

  74. sumardi said,

    Desember 6, 2010 at 9:29 am

    Tulisan ini sangat baik guna untuk dapat merubah pola pikir manusia kearah yang lebih baik. saya berharap agar dapat dikembangkan lagi.

  75. anggun nurlita said,

    Desember 10, 2010 at 7:45 pm

    asalamualaikum………….
    salam kenal …../?????????

  76. hanba allah said,

    Januari 19, 2011 at 7:26 pm

    assalamu’alaikum..

  77. hanba allah said,

    Januari 19, 2011 at 7:29 pm

    ini sngt mendidik

  78. bibah gudang tengah. said,

    Februari 1, 2011 at 12:29 pm

    sebisa mungkin supaya lebih menarik di baca, dgn mengubah tulisan atau gambar nya…
    krn kata2 bagus dan bermamfa’at. mkasiiih…

  79. mamat said,

    Maret 4, 2011 at 6:55 pm

    bagus……

  80. fajar sidik said,

    Maret 29, 2011 at 9:42 pm

    tolong kasih saya saran…
    knp khidupan ini mbuat sya ber ulang kali terjerembab masuk k lubang hawa nafsu setan …
    bagai mana mnghilang kan sifat ego dan hawa nafsu yg ber kepanjangan ini ya rabb …
    saya sadar bahwa hati saya lemah.
    trkadang godaan wanita ,bisa melumpuh kan iman saya???

    apa solusinya,sya btuh teman share …

  81. bramantya said,

    April 10, 2011 at 12:38 am

    “akhlak adalah sebuah tanaman yg kita tanam di tanah jg tmpt yg semestinya menurut jenis tanaman itu,… jikalau apa yg kita taburkan tak dpt kita petik itu jg merupakan ekses dari apa yg kita pahami secara detilbhw kita tanam bukan brarti kita petik. apa yg kita kerjakan adalah semata untuk sebuah akhlak jg keridloan… sulit mmg tp mudah jika kita ikhlas dan mampu berakhlak dgn bijak tak keluar dari sunah dan hadist”……

  82. anak soleh said,

    Juni 1, 2011 at 12:30 pm

    sugguh mulia seindah muhamad saw… aku inigin seperti rosululah saw….. berikanlah akau kemudahan untuk menncontoh rosullulah saw ya allah…

  83. Abdul Kholiq said,

    Juli 16, 2011 at 6:38 am

    benar adanya

  84. Juli 30, 2011 at 1:09 pm

    terima kasih pendidikan yg ada dlm blog anda.. semoga aku dpt terdidik darinya..

  85. Zal Siregar said,

    Agustus 19, 2011 at 9:01 pm

    maaf numpang baca…..

  86. sopian tamrin said,

    Agustus 26, 2011 at 8:42 pm

    hakikat dari manusia ketika ia memperlihtkan jati dirinya & i2 hnya bisa dilakukan dengan adanya ahlak bagi manusia itu.

  87. Hasan Halmi said,

    September 19, 2011 at 8:10 am

    trimakasih, semoga Alloh SWT senantiasa membimbing dan melindungi kita, amin…

  88. September 24, 2011 at 4:32 am

    [...] http://akhlaqmuslim.wordpress.com/2006/11/17/akhlak-islam-cerminan-aqidah-islam Share this:ShareEmailPrintFacebookStumbleUponRedditTwitterDiggLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  89. September 27, 2011 at 12:18 pm

    yang aku tau tak ada ahklak yang buruk semua ahklaq itu adalah benar kalaun dalam pandangan manusia terkadang tidak baik sebab menurut saya ahklak adalah setiap perbuatan yang sesui dengan kehendak Allah itulah ahklaq sementara setiap pekerjaan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah itu adalah tahkaluk jadi tidak ada ahklaq yang salah

  90. Oktober 7, 2011 at 3:22 pm

    tolong bantuannya :)
    bagaimana hubungan diantara aqidah dengan ibadah dan akhlak ?

  91. edo said,

    Oktober 28, 2011 at 1:45 pm

    asllammualaikumm wr.wb….
    terima kasih untuk anda…yang sudah membuat blog yang sangat beharga ini….!! terus lanjut kan.. :D

  92. November 12, 2011 at 2:42 pm

    [...] Akhlak Islam Cerminan Aqidah Islam Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post. [...]

  93. racha said,

    November 16, 2011 at 12:26 am

    bguss….lebih bnyak lagi ya…q tunggu

  94. HENDI said,

    November 16, 2011 at 8:44 pm

    BAGAIMANA DENGAN AKHLAK
    ANAK MUDA ZAMAN SEKARANG?

  95. November 18, 2011 at 9:50 am

    Ahlaq itu bahasa jawanya BUDI PEKERTI …. Budi itu tingkah laku/gerak gerik pekerti itu pengertian perasaan ( Pen ). jadi kalau manusia tidak ber akhlaq ya percis seperti kebo bole……untuk itu …. wahai sodar-saudara ku yang berakhlaq … mari kita tingkatkan akhlaq kita dalam rangka mencapai insan Kamil yang ujung-ujungnya selalu mengharap Ridlo Allah Amien …..

  96. hillmi abdul aziz said,

    Desember 26, 2011 at 5:39 am

    MENURUT PENDAPAT SAYA:Ahlaq adalah umpama satu ilmu yang memilki beberapa cabang ilmu lainnya.maka dari itu, untuk kita ber ahlaq yang benar kita harus tau cabang dari ahlaq itu,yaitu adab-adapya.

  97. feni said,

    Februari 26, 2012 at 7:17 pm

    Semoga kita selalu dekat dengan ALLAH SWT
    AMIIIINNNNNNNNNN…….

  98. Maret 14, 2012 at 1:52 pm

    bermanfaat sekali postingnya…….

  99. Maret 21, 2012 at 8:42 am

    kini saya mengerti, mksii :)

  100. GSM Semarang said,

    April 2, 2012 at 11:27 am

    subhanallah….
    sangat bermanfaat taujihnya
    syukron.

  101. Desember 10, 2012 at 10:25 am

    syukran yaaa

  102. husadan said,

    Maret 15, 2014 at 11:28 am

    afwan, ana mohon share utk up load ke f book. syukran


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: